September 21, 2024

Habis Magrib, Acara Bancakan Sedekah Bumi Desa Bumirejo Ulujami Diadakan

0

 

TNIPOLRINEWS.COM – Pemalang – Bancakan dalam acara Sedekah Bumi Desa Bumirejo Kecamatan Ulujami Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah diadakan di Balai Desa Bumirejo, pada pukul 18.00 WIB sampai 18.30 WIB, Hari Selasa 4 Juni 2024.

Hadir kurang lebih 300 warga memadati halaman dan Pendopo Bumirejo dengan membawa tumpeng beserta lauk dan sayur hasil bumi. Acara dibuka dengan doa yang dipimpin satu diantara warga selaku sesepuh.

Kepala Desa Bumirejo, Suraji menyampaikan bahwa acara sedekah bumi yang berlangsung sehabis shalat Mahgrib, berjalan hanya setengah jam kemudian selesai, merupakan adat leluhurnya sejak dulu.

“Memang sejak saya kecil, kalau ada acara sedekah bumi, dilaksanakan sehabis Mahgrib, kurang lebih setengah jam selesai. Saya mempersilahkan warga yang ingin ikut bancakan, atau ramai-ramai mengambil nasi tumpeng beserta lauk di meja khusus,” lanjutnya.

Acara sehabis mahgrib, lanjut Kades Suraji, merupakan tradisi leluhur Desa Bumirejo. Jika ditambah hiburan dan semacamnya maka dilaksanakan setelah shalat ‘Isya.

“Ada sekitar 700 rumah yang ada di Desa Bumirejo, tapi sebagian warga ada yang menggabungkan tiga rumah jadi satu tumpeng untuk perwakilan. Selain meneruskan adat leluhur, sedekah bumi merupakan bentuk rasa syukur kami kepada Allah SWT,” demikian disampaikan Kades Suraji selesai acara sedekah bumi.

Hanya beberapa warga, dengan tertib mendekati meja yang memang disediakan untuk makan bersama, menandakan guyub rukun sejak dulu sampai sekarang. Sebagian besar kembali ke rumah masing-masing dengan membawa tumpeng serta lauknya.

(Kustajianto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *