September 21, 2024

Emak-emak Bawa Besek dan Tumpeng untuk Sedekah Bumi Desa Sarwodadi Comal

0

 

TNIPOLRINEWS.COM – Pemalang – Tiap Kepala Keluarga (KK) membawa 3 besek atau tumpeng untuk sedekah bumi. Kegiatan dipusatkan di Balai Desa Sarwodadi Kecamatan Comal Kabupaten Pemalang. Pada pukul 14.00 WIB Hari Rabu, 5 Juni 2024.

Sebanyak 600 Warga Desa Sarwodadi, kebanyakan emak-emak, memadati ruangan dan halaman balai desa dengan membawa tas berisi tiga besek atau tumpeng yang digendong. Hadir BPD, Tim Penggerak PKK, Ketua RT dan RW, tokoh masyarakat dan tokoh agama.

Menurut Kepala Desa Sarwodadi, Wahyu Widodo dalam sambutanya, bahwa sedekah bumi yang diadakan setiap tahun pada Bulan Legeno Hari Rabu Pon, merupakan budaya leluhur. Satu diantara sekian bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

“Sedekah bumi ini yang menyatukan kita berkumpul di balai desa, meskipun dalam keadaan sibuk rutinitas. Selain sudah tradisi, merupakan bukti rasa syukur kita kepada Gusti Allah atas segala rahmatNya”, ungkapnya.

“Kami persilahkan membawa tiga besek atau tumpeng, sesuai kemampuan. Harapan saya, doa yang baru saja diucapkan secara bersama dengan hati jernih dan pasrah, terkabul”, lanjutnya.

“Kami yakin, sedekah bumi yang siang ini dipusatkan di pendopo, dari rumah masing-masing dengan rasa lilo legowo atau ikhlas.” tutup sambutan Kepala Desa.

(Kustajianto, Suhari)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *