September 21, 2024

AAL Raih Gold Medal The Best Booth dan IYSA Special Award pada Indonesia International Applied Science Project Olimpiad (I2ASPO) 2023

0

Tnipolrinews.com
Akademi TNI Angkatan Laut (AAL) kembali berbangga karena 5 Tarunanya meraih prestasi internasional dibidang karya tulis ilmiah. Prestasi ini diraih dalam ajang Indonesia International Applied Science Project Olimpiad (I2ASPO) 2023 yang diselenggarakan oleh Indonesian Young Scientist Association (IYSA) bekerja sama dengan Fakultas Sains dan Analitika Data (FSAD) Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya pada tanggal 19 – 21 Desember 2023.

IYSA merupakan sebuah organisasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang memfasilitasi Pelajar dan Mahasiswa Indonesia untuk dapat mengembangkan potensi dibidang keilmuan dan teknologi baik di dalam negeri maupun luar negeri. Ajang tersebut merupakan lomba karya ilmiah ilmu pengetahuan tingkat Internasional yang diikuti oleh 615 tim seluruh dunia seperti Singapura, Saudi Arabia, Taiwan, Turki, Meksiko, dll.

Prestasi yang diraih Taruna AAL ini selaras dengan misi AAL yang pertama yaitu menyelenggarakan proses pendidikan yang terdiri dari pengajaran, pelatihan dan pengasuhan yang efektif dan efisien untuk menghasilkan lulusan Perwira TNI AL yang berjiwa juang, profesional, disiplin, kebanggaan, kerja keras dan kerja cerdas serta memiliki kesamaptaan jasmani yang tinggi, melalui upaya penerapan manajemen dan teknologi pendidikan secara tepat.

Pada I2ASPO 2023, Tim AAL meraih gold medal The Best Booth dan IYSA Special Award. Tim ini diketuai oleh Sermadatar (P) Avisena Fariz Maulidianto dengan beranggotakan Sermadatar (E) Bagus Djiwo Hendra Sasmita, Sermadatar (E) Moureno Daffa Alzamora, Sertar (S/W) Reischania Feisha Situmorang dan Sertar (M) Bima Cahaya Samudra.

Tim Taruna AAL I2ASPO, mengikuti kategori Internet of Things (IoT) and Its Applications tingkat Universitas secara Offline membawakan judul Internet of Things (IoT) Based Monitoring System and Electrical Load Setting in The Indonesian Naval Academy. Karya tersebut membawa manfaat yaitu agar pengunaan listrik dapat lebih efektif baik dalam mencegah kebakaran karena kelebihan muatan maupun dalam pembiayaan sebagai beban negara. Manfaat lainnya yaitu Sistem dirancang menggunakan IoT yang diharapkan dapat membaca tegangan dan arus listrik yang mengalir sehingga bisa didapatkan nilai daya serta relay sebagai kontrol untuk memutus sambungan listrik jika diperlukan dengan kata lain daya akan dikirimkan secara real time yang akan diakses oleh perangkat android melalui internet sehingga sistem monitoring ini dapat dilakukan secara jarak jauh.

Keberhasilan tersebut berkat bimbingan dan pengawasan Kepala Departemen Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Kadepiptek) AAL, Kolonel Marinir Kakung Priyambodo, S.T., M.Han., selaku Pembina sekaligus Pembimbing yanus LKTI AAL dibantu Koordinator bimbingan Letkol Laut (KH/W) Mostien A.P.P.M., S.P., M.A.P., Pembina IVA PNS Dandi Wijaya, S.S., sebagai Dosen Pembimbing 1, Kapten Laut (KH) Rangga Hadi Saptura, S.S., sebagai Pembimbing Dosen 2 dan Kapten Laut (E) Yulian Wardi, S.T., M.M., sebagai dosen pembimbing teknis alat serta PNS Yoyok Edi P sebagai Pendukung.

Capaian prestasi Taruna tersebut mendapat apresiasi Gubernur AAL Laksamana Muda TNI Supardi, S.E., M.B.A.,CHRMP., sekaligus memberikan semangat agar selalu memberikan yang terbaik dengan capaian prestasi yang membawa reputasi lembaga. Peraihan gold medal di perlombaan level internasional tersebut adalah prestasi membanggakan dan membawa harum nama baik bukan hanya untuk AAL dan TNI AL pada khususnya namun Indonesia pada umumnya.

“Selamat dan sukses atas prestasi tim LKTI AAL, jadikan prestasimu hari ini sebagai motivasi untuk terus meraih prestasi pada even-even berikutnya sehingga dapat menjadi indikator Keunggulan SDM AAL dan TNI AL”, pungkas Gubernur AAL.(Red)
Sumber : Puspen TNI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *