September 21, 2024

Bantuan Gill Net Nylon Jaring Ramah Lingkungan untuk Nelayan Pemalang

0

 

Tnipolrinews.com – Pemalang – Bantuan jaring Gill Net Nylon untuk 9 Kelompok Usaha Bersama (KUB) Koperasi Mina Misoyosari Tanjungsari Pemalang, Jawa Tengah. Berlangsung di Gedung KUD, pada Hari Minggu 9 Juni 2024.

Hadir Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Pemalang dan jajaranya, Camat Pemalang, CV Mega Dewa Laut dari Bandung, Pimpinan Kelurahan Sugihwaras, Polairud Kabupaten Pemalang, TNI AL Pemalang, TNI AD Kodim 0711/Pemalang, 100 nelayan yang tergabung dalam KUD Mino Misoyosari Tanjungsari.

Era Srinaeni, S.Pi., M.M selaku Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Pemalang, menyampaikan bahwa kegiatan pada 9 Juni 2024 adalah pemberian bantuan secara simbolis pada nelayan Pemalang.

Bentuk bantuan, sarana penangkapan ikan ramah lingkungan Gill Net Nylon kepada nelayan yang tergabung pada KUD Mino Misoyosari Tanjungsari Pemalang. Ukuran jaring 3,5 in sebanyak 90 paket dikemas dalam kantong plastik.

Bantuan berasal dari Dana Alokasi Khusus Anggaran Tahun 2024 sebanyak 200 juta rupiah. Dalam rangka penguatan perekonomian dan kesejahteraan para nelayan yang ada di Pemalang.

Dengan harapan, meningkatkan produktifitas nelayan, menjaga jaring dengan baik dan tidak dijual. Mengingat kebutuhan ikan di Pemalang makin hari makin meningkat, pertanda baik dan membuktikan kesediaan protein masyarakat semakin bagus.

Bupati Pemalang Mansur Hidayat, S.T., M.Ling yang diwakili oleh Camat Pemalang Drs. Sis Muhammad menyampaikan bahwa penyerahan bantuan secara simbolis pada Kelompok Usaha Bersama (KUB). Dengan tujuan mendukung kesejahteraan nelayan Pemalang dan kelestarian hayati laut.

Bahwa bantuan alat tangkap ramah lingkungan berasal dari Dana Alokasi Khusus Anggaran Tahun 2024, sebanyak 90 paket untuk 9 Kelompok Usaha Bersama (KUB).

Bantuan jaring merupakan satu diantara sekian alat ramah lingkungan dan memberikan produktifitas para nelayan. Agar ekosistem laut bisa terjaga. Akhirnya pelestarian kehidupan alam laut dapat terjaga dan nelayan terus dapat mengambil hasil laut.

“Saya ucapkan selamat pada para penerima bantuan,” tulis Bupati Mansur yang dibacakan Camat Pemalang, dalam menutup sambutanya.(*)

(Kustajianto, Suhari)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *