September 21, 2024

Bantuan Simbolis Bupati Mansur Hidayat pada Pedagang Pasar Rakyat Belik Akibat Terbakar

0

Pemalang, Tnipolrinews.com – Bantuan secara simbolik di Pasar Rakyat Belik oleh Bupati Pemalang Mansur Hidayat yang dihadiri OPD Pemalang, Forkopincam Belik dan pedagang berlangsung di sebelah pintu gerbang pasar, 26-3-2024.

Minggu Malam (24/3/2024) setelah Isya, terjadi kebakaran di Pasar Rakyat Belik. Masyarakat sekitar pasar dengan sigap melakukan pemadaman dan tak lama kemudian, bantuan petugas dengan Mobil Pemadam Kebakaran membantu memadamkan api.

Upacara penyerahan bantuan secara simbolik dari Pemerintah, diserahkan langsung oleh Bupati Mansur Hidayat kepada dua perwakilan pedagang Pasar Rakyat Belik, dilakukan pada pukul 10.30 Wib di jalan raya depan pintu gerbang timur pasar.

Proses persiapan upacara dipimpin oleh Andri Adi selaku Kepala Dinas Badan Penanggulangan Bencana Daerah Pemalang, mulai pukul 09.00 Wib, pada Hari Selasa, 26-3-2024.

Mansur Hidayat selaku Bupati Pemalang menyampaikan turut perihatin atas musibah kebakaran dan berharap semoga para pedagang tetap sabar.

Pasar darurat yang akan bangun bertujuan memberi bantuan para pedagang dalam rangka mempersiapkan hari lebaran beberapa hari lagi.

“Pihak perbankan juga harus membantu pedagang sesuai kapasitasnya. Untuk meringankan angsuran kredit dan memperingan persaratan pengajuan kredit,” ungkapnya.

Menurut Fera Djokosusanto selaku Kepala Dinas Diskoperindag Pemalang bahwa masyarakat sekitar sejak awal musibah kebakaran sangat berempati dan membantu memadamkan api.

Bupati langsung mengambil keputusan kepada Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) untuk melakukan upaya percepatan menanggulangi musibah kebakaran.

Satu diantara caranya, bagaimana pedagang itu bisa kembali berdagang dalam segala keterbatas sarana dan prasarana, yaitu dengan membuat tenda darurat setelah tempatnya bersih dari puing-puing.

“Dalam perjalanan membuat tenda pasar darurat, Pemerintah melakukan pendataan pada 497 kios yang terdampak kebakaran. Kerugian diperkirakan lebih dari lima M,” paparnya setelah diskusi beberapa jam dengan para pedagang pasar.

Kegiatan pembersihan ini menjadi prioritas Pemerintah yang sesuai dengan harapan masyarakat dan pedagang pasar. Apalagi masyarakat, relawan dan Ormas telah membantu melakukan pembersihan puing-puing, lanjut Fera Djokosusanto dalam mengakhiri wawancara.

Dalam kesempatan itu, hadir Sekda Pemalang, Forkopinda Pemalang, kepala dinas dan jajaran seluruh Organisasi Pemerintah Daerah Pemalang, PMI Pemalang, Camat Belik, Forkopincam Belik, kepala desa seluruh Kecamatan Belik, Puskesmas Belik, BKK Belik, Bank Jateng, Pedagang Pasar Rakyat Belik dan masyarakat.

(Kustajianto, Suhari)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *