September 20, 2024

Ciptakan Petani Milenial, Ajak Bupati Mansur pada Deklarasi Sekolah Pemberdayaan Rakyat

0

Pemalang, tnipolrinews.com. Peternak domba dan kambing Desa Penggarit Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang mendapat bantuan secara simbolis. Bantuan diserahkan oleh Bupati Pemalang Mansur Hidayat, ST., M.Ling. Kegiatan diselenggarakan oleh IPB Bogor dan Dinas Pertanian Pemalang di Balai Desa Penggarit, pada 19 September 2024.

Disampaikan oleh Prof. Dr. Ir. Muladno , M.S.A dari IPB Bogor bahwa Sekolah Pemberdayaan Rakyat berawal dari sekolah-sekolah pertanian, merupakan sekolah yang saya dirikan pada tahun 2013 silam.

Bentuk pengusaha ternak berjamaah, lanjut Profesor Muladno, atau biasa disebut Sekolah Pemberdayaan Rakyat masih berada di Kampus IPB Bogor. Pada saat ini sudah sampai ke Desa Penggarit Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah.

“Seandainya pengusaha ternak berjamaah bisa sampai ke seluruh warga desa di Kecamatan Taman, maka sejahteralah para peternak,” ungkapnya.

Dalam mengakhiri sambutan, Profesor Muladno menegaskan nantinya akan memberi pelatihan secara kolektif selama tujuh bulan oleh fasilitator sarjana dari IPB.

Dalam Pemerintahan yang baru ada program makan siang bergizi. Maka sudah seharusnya penduduk desa yang menyediakan bahan makanan untuk anak anak sekolah.

Menurut Bupati Mansur bahwa persediaan kambing di desa-desa seluruh Kabupaten Pemalang masih kurang, jika ada khajatan atau sejenisnya dikirim dari kabupaten lain.

“Ke depanya ada program swasembada pangan. Kita ciptakan petani milenial yaitu petani yang rapi pakaianya dan banyak duitnya. Misalnya peternak, agar kandangnya selalu bersih maka kambingnya selalu sehat.

Lanjut Bupati Mansur, bagaimana menciptakan teknologi agar ternak makan sedikit tapi ternak sudah kenyang dan bergizi. Ini strategi kita bagaimana menciptakan peternak kaya, sebab pada umumnya peternak di Pemalang belum sejahtera.

(Suhari, Kustajianto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *