September 21, 2024

Inovasi Silau Mata: Langkah Sat Lantas Polresta Manado untuk Cegah Kamtibmas dan Lancarkan Lalu Lintas Kota

0

TNIPOLRINEWS.COM –

MANADO | Sat Lantas Polresta Manado meluncurkan program inovatif bertajuk “Silau Mata” (Siaga Lampu Biru di Keramaian Kota) sebagai upaya preventif dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) serta kelancaran lalu lintas di pusat kota. Program ini melibatkan penempatan personel Sat Lantas di berbagai titik strategis dengan menggunakan lampu biru yang menyala terang untuk meningkatkan visibilitas dan memberikan rasa aman bagi pengguna jalan.

Kegiatan yang mulai diterapkan sejak awal bulan ini bertujuan untuk meminimalisir potensi tindak kejahatan dan pelanggaran lalu lintas di area yang sering mengalami kemacetan dan keramaian. “Kami berharap dengan adanya lampu biru ini, masyarakat merasa lebih aman dan tertib dalam berlalu lintas, serta bisa mengurangi angka kecelakaan dan kejahatan jalanan,” ujar Kapolresta Manado, Kombes Pol Julianto Sirait melalui Kasat Lantas Kompol Yulfa Irwati, Rabu (19/6/2024).

Lampu biru yang menyala di sepanjang jalan utama dan area publik diharapkan dapat menjadi sinyal bagi masyarakat bahwa pihak kepolisian selalu hadir dan siap siaga dalam menjaga keamanan dan ketertiban. Selain itu, program ini juga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya mematuhi peraturan lalu lintas.

Beberapa masyarakat yang diwawancarai menyambut baik program ini. “Dengan adanya lampu biru ini, saya merasa lebih tenang saat berkendara di malam hari,” ungkap Budi, seorang pengendara motor yang sering melintasi pusat kota. “Kami juga jadi lebih waspada dan hati-hati di jalan,” tambah Sari, seorang ibu rumah tangga yang sering membawa anak-anaknya berbelanja di pusat kota.

Program “Silau Mata” merupakan salah satu dari serangkaian upaya inovatif yang dilakukan oleh Sat Lantas Polresta Manado untuk menciptakan lingkungan yang aman dan tertib. Dengan adanya inisiatif ini, diharapkan kota Manado dapat menjadi contoh bagi kota-kota lain dalam penerapan teknologi sederhana namun efektif untuk keamanan dan kelancaran lalu lintas.
Sofyan Mamonto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *