September 21, 2024

Kodam VI/Mulawarman Bersatu Dengan Alam Melaksanakan Penanaman Pohon

0

TNIPOLRINEWS.com –

Balikpapan -Kodam VI/Mulawarman menggelar aksi tanam pohon dalam rangka mendukung Program Unggulan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc. yaitu Menyatu Dengan Alam. Kegiatan ini dihadiri sekitar 80 orang. Bertempat di lahan ketahanan pangan Kodam VI/Mlw Transad, Kelurahan Manggar, Kecamatan Balikpapan Timur, Kota Balikpapan pada hari Kamis, 27 Juni 2024.

Dalam sambutannya membuka acara penanaman pohon ini, Pimpinan Asabri Cab. Balikpapan Bapak Viven menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Kodam VI/Mlw yang telah bersedia berkolaborasi dengan PT. Asabri Persero atas dukungannya secara penuh melalui penyediaan lahan untuk penanaman 1000 pohon ini. Selain dukungan tersebut juga memberikan dukungan personil dan kesediaan sarana dan prasarana pendukung pada kegiatan tersebut.

“Kegiatan pelestarian alam dalam bentuk penanaman pohon ini merupakan realisasi dari rangkaian hari lingkungan hidup sedunia Tahun 2024. Yang mengusung tema “Bersama Wujudkan Ekosistem Alami Untuk Indonesia”, tambahnya.

PT Asabri melaksanakan Program Bakti BUMN atau yang selama ini dikenal sebagai Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) adalah kegiatan yang merupakan komitmen dan bakti BUMN terhadap pembangunan yang berkelanjutan dengan memberikan manfaat pada ekonomi, sosial, lingkungan serta hukum dan tata kelola dengan prinsip yang lebih terintegrasi,terarah dan terukur dampaknya serta dapat dipertanggungjawabkan dan merupakan bagian dari pendekatan bisnis perusahaan, jelasnya.

Di tempat yang sama Dandim 0905/Balikpapan, Kolonel Kav. Muhammad Darwis menyampaikan sambutan Pangdam VI/Mlw, “TNI AD dan segenap komponen bangsa lainnya bersama-sama mendukung program pemerintah terkait pelestarian lingkungan, kita semua berkomitmen memberikan kontribusi yang diimplementasikan melalui salah satu program unggulan Kasad yaitu TNI AD Bersama Rakyat Bersatu Dengan Alam sebagai upaya dalam memelihara dan menjaga kelestarian alam.”

“Kegiatan penanaman pohon ini bertujuan untuk membantu program pemerintah dalam mewujudkan fungsi lingkungan hidup dan mengurangi dampak pencemaran lingkungan. Ada beberapa sasaran yang ingin kita capai dalam penanaman pohon ini antara lain terjaganya kelestarian lingkungan hidup, terjaganya keselarasan, keserasian dan keseimbangan antara fungsi lingkungan dan pemanfaatannya, terkendalinya pemanfaatan sumber daya secara bijak dan terkendalinya polusi/pencemaran udara dan air,” tambahnya.

“Dengan melaksanakan kegiatan penanaman pohon ini, kita akan menciptakan lingkungan yang hijau, bersih, dan berkelanjutan bagi generasi saat ini dan yang akan datang. TNI AD bersama pemerintah akan secara aktif mencanangkan program seperti ini demi menjaga kelestarian lingkungan hidup, untuk menyelamatkan bumi yang saat ini sudah banyak mengalami kerusakan akibat dari ulah kita sendiri,”sambungnya.

Pangdam VI/Mlw dalam sambutan yang dibacakan oleh Kolonel Darwis, berharap kegiatan penanaman tersebut dapat diikuti oleh segenap komponen bangsa di tempat lainnya dilandasi dengan rasa tanggung jawab moral agar kelestarian alam dan lingkungan akan menjadi lebih baik dari hari ke hari.
“Gerakan ini dapat menjadi sikap dan perilaku yang melekat kuat pada diri kita, yang tumbuh dari kesadaran yang tinggi akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan hidup,” pungkas Dandim.

Diakhir sambutan tertulisnya, Pangdam VI/Mlw menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Daerah dan seluruh komponen masyarakat yang telah melaksanakan kegiatan penanaman pohon ini dengan penuh kesadaran dan hati yang tulus.

Turut hadir dalam kegiatan penanaman pohon kali ini Dandim 0905/Balikpapan, Kolonel Kav. Muhammad Darwis, Kasdim 0905/Bpp Letkol Arh Erwin Hadi Santoso, Pabandya Bakti Sterdam VI/Mlw Mayor Inf Sena Aji W, Kepala Asabri Balikpapan, Bpk Vivin, Kepala Bank BTN Balikpapan, Kepala Bank BRI Balikpapan, Perwakilan PPAD, Perwakikan Poktan Cahaya Nusantara, Perwakikan Poktan Kartika Mandiri, Perwakikan Poktan Hipakad B & B, Perwakikan Poktan Rejeki Borneo, Perwakikan Poktan Beringin sadar, dan warga masyarakat sekitar Transad.

Pendam VI/Mw
Jurnalis – Lilik.S
Editor. – Djoko Kariyono.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *