September 20, 2024

Kodim 0712 Tegal Tampilkan Drum Band Di Karnaval HUT RI Ke – 74 Tahun 2024

0

TNIPOLRINEWS.COM –

Tegal – Kodim 0712/Tegal menunjukkan penampilan Drum Band yang diberi nama “Canka Baladewek” pada acara Karnaval Hut Ri Ke 74 Tahun 2024 Tingkat Kabupaten Tegal.

Kegiatan karnaval dimulai dari GOR Trisanja Slawi, melintasi Polres Tegal, SMA N 1 Slawi, Rumah Dinas Bupati Tegal, Brigif 4/Dewa Ratna dan finis di Alun-Alun Hanggawana Slawi dengan jarak tempuh 3,7 km. Sabtu (24/8/2024)

Pada acara karnaval tersebut pasukan Kodim 0712/Tegal tampil beda dengan penampilan perdana Drum Band “Canka Baladewek” yang dibentuk langsung oleh Dandim 0712/Tegal Letkol Inf Suratman, SIP., MIP.

Canka Baladewek yang mempunyai Arti Suara merdu dari Teman sendiri. Kita semua bersaudara dalam memajukan Kabupaten Tegal yang kita cintai. Drum band Canka Baladewek terdiri dari 4 alat musik yang di mainkan oleh prajurit kebanggaan kodim 0712/Tegal, yaitu 4 unit Genderang, 3 unit Tenor, 2 unit terompet, 3 unit belyra dan 2 unit Bass drum.

Selama karnaval berjalan, Drum Band Canka Baladewek bergerak seirama dengan gagah perkasa dengan diringi lagu maju tak gentar di bawah pimpinan penatarama Sersan Mayor Suhardi.

Drumband Canka Bala Dewek dengan pukulan genderang yang lincah dan lentik melambangkan bahwa prajurit Kodim 0712/Tegal bersikap cepat tanggap dalam menghadapi tugas yang ada.

Disertai gemuruh suara tenor dengan dentuman musik untuk mengatur langkah kaki sehingga dapat berjalan dengan seirama melambangkan bahwa prajurit Kodim 0712/Tegal memiliki satu tujuan, misi dan jiwa korsa dalam melaksanakan tugas.

Begitu juga suara bassdrum yang menggelegar melambangkan bahwa prajurit Kodim 0712/Tegal mempunyai semangat juang yang kuat serta bekerja keras dalam menjalankan tugas. Dengan alunan dentingan suara musik belyyra yang begitu merdu melambangkan bahwa prajurit kodim 0712/Tegal selalu bekerja dengan hati yang tulus dan Ikhlas dalam mengayomi masyarakat.

Disampaikan Letkol Inf Suratman bahwa karnaval HUT RI ke -79 ini, selain menampilkan kreativitas juga merupakan upaya meningkatkan rasa nasioalisme terhadap negara dan memupuk toleransi antar umat beragama, karena karnaval budaya ini tidak memandang suku, ras maupun agama, semua membaur untuk membangun Indonesia lebih baik.

 

Selain penampilan Drum Band “Canka Baladewek”, para Perwira jajaran Kodim 0712/Tegal juga memakai pakaian adat dari Indonesia yang bertujuan bahwa bangsa Indonesia memiliki kemajemukan budaya yang menjadi satu kesatuan yang tak dapat dipisahkan, ucap Dandim.

“Indonesia dibangun dalam bingkai keragaman adat istiadat dan budaya, meski berbeda-beda tetapi bisa bersatu”, pungkasnya.

Muchlasin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *