September 20, 2024

Komandan Brigif 2 Marinir Dampingi Danpasmar 2 Gelar Kesiapan Personel Dan Material Latgabma SGS TA. 2024

0

TNIPOLRINEWS.COM –

Komandan Brigif 2 Marinir Kolonel Mar Arip Supriyadi, S.H., M.M., M.Tr.Hanla selaku Koordinator Marine Exercise mendampingi Komandan Pasmar 2 Brigjen TNI (Mar) Muhammad Nadir, M.Tr.Opsla., melaksanakan apel gelar kesiapan personel dan material unsur Amphibious Exercise menjelang pelaksanaan Latihan Gabungan Bersama (Latgabma) Super Garuda Shield (SGS) TA. 2024 di Lapangan Apel Kesatrian Marinir Soepraptono Semarung, Ujung, Surabaya, Jawa Timur. Selasa (20/08/2024).

Pada kesempatan tersebut Brigjen TNI (Mar) Muhammad Nadir, M.Tr.Opsla., sebagai Wakil Direktur Latihan III yang khusus menangani dan mengawasi Aspek Laut pada Latgabma SGS TA. 2024, menyampaikan bahwa gelar kesiapan tersebut dilaksanakan dalam rangka mengecek kesiapan prajurit beserta material unsur Amphibious Exercise yang akan melaksanakan Latgabma Super Garuda Shield tahun 2024, apabila ada kekurangan-kekurangan dapat dipenuhi atau dilengkapi sebelum melaksanakan latihan sehingga dalam latihan nanti dapat berjalan dengan aman, lancar dan benar-benar zero accident.

Disampaikan juga bahwa Latgabma Super Garuda Shield 2024 merupakan latihan gabungan bersama antara US Indo-Pasific Command (Usindopacom) dan TNI yang diikuti oleh beberapa Angkatan Bersenjata negara sahabat, dengan adanya Latgabma ini diharapkan memberikan manfaat kepada peserta latihan dan sebagai bentuk pertanggungjawaban peran serta aktif negara Indonesia untuk memperkuat hubungan antar negara sahabat di kawasan.

 

Lebih lanjut disampaikan bahwa rangkaian kegiatan Latgabma Super Garuda Shield Tahun 2024 diawali dengan Concept Development Conference (CDC) ditindaklanjuti dengan proses perencanaan, pelaksanaan dan pengakhiran dalam rangka merumuskan tujuan latihan serta konsep manuver.

“Tujuan latihan yang akan kalian laksanakan yaitu meningkatkan interoperabilitas TNI dan Usindopacom dalam hal peningkatan kapasitas untuk merencanakan operasi gabungan bersama serta meningkatkan kerja sama bilateral hubungan militer yang positif,” jelas Danpasmar 2.

Mengakhiri arahannya, Danpasmar 2 memerintahkan kepada seluruh prajurit yang terlibat latihan agar memeriksa kembali perlengkapan, baik perorangan maupun material yang ada tingkat peleton, kompi maupun batalyon dan meyakinkan perlengkapan tersebut siap digunakan untuk melaksanakan latihan.

Turut hadir dalam kegiatan apel gelar tersebut Wadan Pasmar 2 Kolonel Mar Edi Prayitno, Pejabat Utama Pasmar 2 dan Dankolak / Satlak jajaran Pasmar 2.(Red) Puspen TNI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *