September 22, 2024

Komando Komandan Distrik Militer 0711 Pemalang Tutup Secara Resmi TMMD Sengkuyung Tahap I TA. 2024 di Desa Susukan

0

TNIPOLRINEWS.COM – Pemalang – Kodim 0711/Pemalang Korem 071/Wijayakusuma menggelar acara penutupan TMMD Sengkuyung tahap I TA. 2024, bertempat di lapangan desa Susukan kecamatan Comal Pemalang kabupaten Pemalang yang bertemakan “Darma Bakti TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan di Wilayah”., Rabu (20/3/2024).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) Komandan Kodim (Dandim) 0711/Pemalang Letkol Inf Ade Afri Verdaniex, S.I.P., sebagai Komandan Upacara (Dan Up) Danramil 03/Petarukan Kapten Cpm Suwaryo dan diikuti pasukan upacara dari Satuan Korsik Pemda Pemalang, Kodim 0711/Pemalang, Lanal Tegal, Satradar 214/Tegal, Polres Pemalang, Satpol PP Kab. Pemalang, Korpri Unit kecamatan Pemalang, Perangkat desa Susukan, Linmas, Karang Taruna dan Osis.

Panglima Kodam IV/Diponegoro Mayor Jenderal TNI Deddy Suryadi, S.I.P., M.Si., dalam amanat tertulisnya yang dibacakan Irup Dandim 0711/Pemalang Letkol Inf Ade Afri Verdaniex, S.I.P.,selaku Komandan satuan Tugas (Dansatgas) TMMD ,meyampaikan,

” Program TMMD yang dilaksanakan selama lebih dari delapan dekade ini merupakan satu diantara Program Bakti TNI untuk membantu pemerintah daerah dalam percepatan program pembangunan sarana prasarana dan infrastruktur bagi masyarakat yang tinggal di pedesaan dan di daerah terpencil.

Menurut Pangdam, Kodam IV/Diponegoro, tidak dapat bergerak sendiri tanpa dukungan semua pihak. Untuk itü saya mengucapkan terima kasih kepada Bapak Bupati/WaIikota beserta OPD terkait, unsur Polri setempat, unsur TNI lainnya dan masyarakat yang selama kurang lebih satu bulan bersama TNI telah bahu membahu menyelesaikan program TMMD ke-119 Tahun Anggaran 2024.

“Tema TMMD Reguler ke-119 tahun 2024 kali ini yaitu “Darma Bakti TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan di Wilayah”. tema ini mengandung makna bahwa TNI bersama dengan Pemerintah Daerah, Polri, dan masyarakat secara bersama-sama melaksanakan proses percepatan pembangunan infrastruktur dan fasilitas umum guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat sebagai bentuk pengabdian TNI bersama seluruh unsur di wilayah kepada bangsa dan negara’, ujarnya.

Pangdam juga mengucapkan ucapan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang telah bekerja secara maksimal sehingga sasaran fisik TMMD dan non fisik yang diselaraskan dengan program unggulan Bapak Kepala Staf Angkatan Darat, seperti ketahanan pangan, pertanian terpadu atau pertanian terintegrasi seluas min 200 Ha, Urban Farming, rehab rumah dan MCK, TNI AD Manunggal Air, percepatan penurunan stunting, Posyandu, Posbindu, PTM (Penyakit Tidak Menular), penanaman pohon, pembersihan sungai, pembersihan pasar, rehab tempat ibadah dan pembangunan gudang penyimpanan hasil pertanian.

Pada akhir sambutannya Pangdam IV/Diponegoro menyampaikan beberapa perhatian antara lain Pelihara terus semangat kebersamaan dan kemanunggalan antara TNI dan rakyat, jangan mudah terhasut dan terprovokasi oleh berita negatif yang dapat memecah belah persatuan bangsa, Pelihara terus semangat gotong royong sebagai warisan budaya bangsa.

Selain itu juga, Jaga dan pelihara hasil program TMMD agar manfaatnya dapat dinikmati oleh warga masyarakat dalam kurun waktu yang cukup Panjang, kepada para Dansatgas TMMD, segera lakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap pelaksanaan TMMD untuk dijadikan bahan perbaikan pada program TMMD mendatang dan Kepada para prajurit yang tergabung dalam Satgas TMMD, segera kembali ke satuan masing-masing dan perhatikan faktor keamanan selama dalam perjalanan.

“Dengan mengucap “Alhamdulillahirabbil’alamin”, Program TNI Manunggal Membangun Desa Reguler ke-119 dan Sengkuyung Tahap I TA 2024, saya nyatakan secara resmi “ditutup”. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa melindungi kita sekalian dalam mengabdi kepada bangsa dan negara yang kita cintai bersama.’”, pungkas Pangdam IV/Diponegoro.

Sebagai tanda ditutupnya TMMD Sengkuyung I Tahun 2024 di desa Susukan kecamatan Comal kabupaten Pemalang, Dandim 0711/Pemalang Letkol Inf Ade Afri Verdaniex, S.I.P., Selaku Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) TMMD melepas pita tanda perwakilan pekerja TMMD, penandatangan naskah berita acara dan penyerahan berita acara hasil pelaksanaan TMMD Sengkuyung tahap III tahun 2023 dari Dansatgas TMMD kepada Bupati Pemalang H. Mansur Hidayat, ST.,

Selesai upacara penutupan Forkopimca Comal yang disaksikan unsur Forkopimda Pemalang melaksanakan pemotongan pita tanda diresmikannya Sengkuyung tahap I TA. 2024 di desa Susukan kecamatan Comal kabupaten Pemalangdilanjutkan peninjauan sasaran fisik berupa Pembentukan badan jalan dan makadam sepanjang 295 meter lebar 3,5 meter dengan ketebalan 0,1 meter dan rabat beton sepanjang 348 meter lebar 3,5 meter dengan ketebalan 0,18 meter.

Kegiatan tersebut turut hadir Kapolres Pemalang AKBP. Yovan Fatika Handhiska Aprilaya, S.I.K., M.H., Sekda Pemalang Heriyanto, S.Pd., M.Si., Kasi Intel Kejaksaan Negeri Pemalang Ernawan, S.H., Ketua Pengadilan Negeri Pemalang Cahyono Riza Adrianto, S.H., M.H., Waka Pengadilan Agama Pemalang H. Fahmi., , S.Ag., M.H.I., OPD Kab. Pemalang Para Pasi dan Danramil Jajaran Kodim 0711/Pemalang, Danposal Tanjungsari Ltd Laut (KH) Rudi Hartono, Ketua Persit KCK Persit Cabang XXI Kodim 0711/Pemalang Ny. Ari Ade Arif Verdaniex beserta pengurus, Muspika Kec Comal, Kades Susukan Irfanudin. ( Suhari Putra Senja)

Humas Kodim 0711 Pemalang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *