September 21, 2024

Magang MBKM Kerjasama KPI FDK UINSA Dan Humas Polresta Sidoarjo; Wahana Mengasah Keterampilan Dan Menambah Pengalaman

0

TNIPOLRINEWS.com –

Sudah jamak kita tahu bahwa kemampuan menguasai teori tidak akan pernah terasa lengkap tanpa merasakan pengalaman sesungguhnya. Maka momentum magang sebagai bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) menjadi jalan untuk memperkaya wawasan mahasiswa/i. Agenda tersebut sukses diuji cobakan pada semester ini oleh Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI), Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK), Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya.

Liputan program magang MBKM kali ini berlokasi di Humas Polresta Sidoarjo, program sudah berlangsung selama empat bulan, dimulai sejak 5 Februari hingga ditutup pada 31 Mei 2024. Empat mahasiswi pilihan yang tergabung dalam kelompok magang ini antara lain; Ruhil Amanda, Siti Zuhrotul Ummah, Zahra Agmilda Pangastuti, dan Nur Latifah telah selesai menjalankan agenda magang tersebut. Mereka sengaja dipilih untuk menjalankan misi kerjasama antar instansi pemerintah.

Pada waktu sambutan penutupan program magang ini, Kasihumas Polresta Sidoarjo Iptu Tri Novi Handono, S.H, M.M memberikan apresiasi yang baik terhadap kinerja para mahasiswa yang sudah banyak membantu aktifitas kehumasan. Ia berharap pengalaman yang diperoleh para mahasiswa selama magang di sini dapat menjadi bekal berharga di masa depan sekaligus menjadi amal ibadah yang baik (3/6/24).

“Sekiranya hal seperti ini akan berlanjut dalam kerjasama berkelanjutan antar instansi pemerintahan di masa yang akan datang” tambahnya.

Program magang ini merupakan hasil kerjasama Program Studi KPI FDK UINSA sebagai institusi pendidikan dengan Humas Polresta Sidoarjo. Sesuai jurusan dan disiplin keilmuannya, keempat mahasiswa ini fokus menangani editing pamflet, dokumentasi press release, ikut serta dalam acara giat awak media, dan membuat caption untuk diupload pada media kepolisian.

Para mahasiswa mendapatkan kesempatan untuk menerapkan ilmu yang mereka dapat dari kampus untuk bersentuhan langsung dengan dunia kerja sesungguhnya. Sementara instansi tempat berlangsungnya magang mendapatkan tambahan tenaga kreatif yang ikut serta membantu kelancaran operasional sehari-hari.

Siti Zuhrotul Ummah selaku Ketua tim magang Program MBKM kali ini menyatakan bahwa  magang selama empat bulan ini adalah wahana mengasah ketrampilan dan menambah pengalaman kerja kehumasan. Program ini sekaligus menjadi bukti jika instansi kepolisian hari ini semakin membuka diri untuk tempat belajar bagi masyarakat, seperti contoh magang bagi pelajar dan mahasiswa saat ini.

“Kami dari segenap peserta magang MBKM di Humas Polresta Sidoarjo mengucapkan banyak terima kasih kepada Kapolres Sidoarjo beserta jajaran humasnya terutama kepada Kasihumas Polresta Sidoarjo Iptu Tri Novi Handono, S.H, M.M yang telah memberi banyak ilmu dan pengalaman. Kami memohon maaf jika selama ini banyak hal-hal yang kurang menyenangkan dan belum bisa membalas atas apa yang sudah diberikan kepada kami selaku mahasiswa” ucapnya ketika mewakili rekan-rekannya menyampaikan pidato penutupan magang MBKM.

Seremoni penutupan magang MBKM diakhiri dengan penyerahan cinderamata, doa dan foto bersama. Menyusul tumpeng nasi kuning sebagai sajian ramah tamah bersama rekan-rekan Humas Polres Sidoarjo sebagai simbol kesyukuran para mahasiswa atas selesainya program tersebut.

Liputan: Tias Satrio Adhitama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *