September 21, 2024

TNIPOLRINEWS.COM –

SIDOARJO – Jabatan ketua RW (rukun warga) merupakan jabatan organisasi yang ada di tingkat masyarakat dalam membantu sistem kerjanya kepala desa dan jabatan ketua RW dalam melaksanakan tugasnya bersifat sosial kemasyarakatan.

Sehingga warga masih banyak yang enggan untuk menjabat sebagai ketua RW. Karena enggannya masyarakat maka sering terjadi ketika jabatan ketua RW berakhir selalu mengalami kendala dalam melakukan pergantian ketua RW sehingga masa jabatan ketua RW sudah berakhir belum ada penggantinya.

Untuk itu perlu diterapkan kepada masyarakat nilai – nilai Pancasila yang terkandung dalam Pancasila terutama sila ke empat yang berbunyi :
kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan / perwakilan .

Adapun beberapa pengamalan pada sila ke empat yaitu :
a. Menghargai pendapat orang lain
b.Tidak melarang orang lain untuk mengikuti kegiatan politik
c. Mengutamakan musyawarah mufakat untuk menyelesaikan permasalahan
d. Ikut serta dalam pemilihan umum, pilpres, pilkada, termasuk pemilihan ketua RW
e. Menerima keputusan yang dihasilkan dalam musyawarah

Di desa Tropodo kecamatan waru kabupaten Sidoarjo merupakan desa yang penduduknya paling padat. beraneka macam dari pendatang maupun warga asli desa tersebut menimbulkan bermacam permasalahan diantaranya pemimpin ditingkat RW.

Permasalahan yang terjadi ketika jabatan ketua RW sudah habis masa jabatannya belum ada yang mencalonkan diri sebagai penggantinya dan belum ada warga yang menindak lanjuti permasalahan tersebut.

Sehingga yang terjadi adalah kevakuman ketua RW. Yang sampai saat ini belum ada yang menyelesaikan permasalahan tersebut.

Melihat situasi dan kondisi tersebut perlu dilakukan. Untuk mengamalkan nilai – nilai Pancasila terutama sila ke – 4 Yang di butuhkan oleh warga karena warga merasakan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil sehingga antusias warga dalam memilih calon ketua RW merasa aman. Tentram dan hasil yang diperoleh sangat memuaskan.

( Arif Garuda )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *