September 21, 2024

Pelatihan Menjahit Warga Desa Bantarbolang oleh Balai Latihan Kerja Disnaker

0

Pemalang, tnipolrinews.com|Pelatihan menjahit Warga Desa Bantarbolang Kecamatan Bantarbolang Kabupaten Pemalang, dilaksanakan di balai desa. Penyelenggara pelatihan Balai Latihan Kerja Disnaker Kabupaten Pemalang, pada Hari Jumat 7 Juni 2024.

Peserta latihan menjahit di ruangan Balai Desa Bantarbolang, sebanyak 14 wanita 2 pria, dengan 8 mesin jahit dan 2 mesin obras. Mulai sejak Hari Senin tanggal 3 Juni 2024.

Satu diantara sekian peserta pelatihan, Chesa Octavioleta (26) Rt 09 Rw 04 Desa Bantarbolang menyampaikan, meskipun latihan baru Hari Senin, sudah bisa mengoperasikan mesin jahit elektrik secara baik.

“Di rumah sudah dua tahun menjahit manual, maksudnya bukan dengan listrik. Awalnya sih terkejut karena pedal mesin disentuh dikit aja sudah jalan.

Atas petunjuk instruktur yang sabar membimbing, dengan perlahan menginjak pedal bisa mengikuti kecepatan mesin jahit,” ungkapnya.

Disampaikan Kepala Desa Bantarbolang Dyah Anggraeni bahwa tujuan pelatihan menjahit, mempersiapkan generasi muda Desa Bantarbolang agar mandiri. Pada saat sekarang, ketrampilan menjahit merupakan ketrampilan yang penting.

“Mengapa penting, karena setiap orang membutuhkan pakaian, artinya memerlukan tenaga trampil dibidangnya.

Pelatihan yang baru dimulai tanggal 3 Juni, rencana selesai pada akhir Bulan Juni tahun ini. Satu bulan sudah cukup melatih mereka yang rata-rata berpendidikan SLTA.

Mesin jahit dan obras yang digunakan waktu pelatihan di balai desa, nantinya akan diserahkan kepada peserta, tentu dengan kelompok, sebab peserta lebih banyak dibanding jumlah mesin jahit.

Harapan saya, Lanjut Kades Diyah, para peserta yang kebanyakan perempuan bisa mandiri bahkan mampu merekrut tenaga kerja di lingkunganya,” demikian akhir wawancara.

(Kustajianto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *