September 21, 2024

Polsek Bunaken Berhasil Mediasi dan Selesaikan Konflik Melalui Pendekatan Problem Solving

0

TNIPOLRINEWS.COM –

MANADO | Polsek Bunaken berhasil menyelesaikan kasus adu mulut antara dua warga yang sempat memanas di wilayahnya. Konflik tersebut berkembang dari perbedaan pandangan mengenai penggunaan lahan, dan berpotensi mengganggu ketertiban lingkungan, Senin (10/6/2024).

Dalam penanganan kasus ini, Polsek Bunaken menerapkan pendekatan Problem Solving, di mana kedua belah pihak didorong untuk duduk bersama dan mencari solusi yang adil bagi kedua belah pihak. Melalui proses mediasi yang dilakukan dengan bijaksana, polisi berhasil menciptakan lingkungan yang kondusif bagi kedua belah pihak untuk menyampaikan kepentingan mereka.

“Kami berupaya menjembatani perbedaan pendapat ini dengan cara yang damai dan terstruktur,” kata Kapolresta Manado Kombes Pol Julianto Sirait melalui Kasi Humas Ipda Agus Haryono. “Dengan mendengarkan masalah dari semua pihak dan mengidentifikasi kepentingan yang mendasari, kami dapat mencapai kesepakatan yang saling menguntungkan.”

Setelah beberapa sesi mediasi, akhirnya kedua belah pihak mencapai kesepakatan untuk membagi penggunaan lahan secara adil dan menghormati hak masing-masing. Keberhasilan penyelesaian kasus ini diapresiasi oleh masyarakat setempat sebagai contoh pendekatan yang efektif dalam menyelesaikan konflik secara damai dan menyeluruh. Polsek Bunaken berharap bahwa pendekatan ini dapat menjadi inspirasi bagi penyelesaian masalah serupa di masa mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *