September 21, 2024

PROSES PEMILIHAN KETUA RW 01 MASA BAKTI 2024-2029 DI DESA TROPODO KECAMATAN WARU MENJADI PERHATIAN BANYAK WARGANYA..ADA APA??

0

TNIPOLRINEWS.COM –

SIDOARJO – Sebuah proses formal memilih seseorang untuk menduduki jabatan sudah seharusnya di laksanakan secara transparan, penuh kejujuran serta menjunjung tinggi nilai keadilan. Meskipun itu hanya di tingkat pemilihan ketua RW.

Lalu bagaimana bisa melahirkan seorang pemimpin atau ketua RW yang mempunyai teladan yang baik jika proses pemilihannya dengan cara yang tidak semestinya.

Hal itu di ungkapkan oleh beberapa warga dan tokoh masyarakat yang ada di wilayah tersebut.

Seperti di ketahui bersama, memang proses pemilihan ketua RW 01 ini mendapat sorotan banyak warganya. Di karenakan di duga incumbent mau maju kembali dan banyak dari warganya mau mencalonkan dan dicalonkan sebagai ketua RW 01 2024-2029. Dengan antusias dari warganya yang sangat tinggi disinyalir apabila incumbent ikut maju kembali, di khawatirkan proses pemilihannya akan sarat dengan kepentingan yang menguntungkan untuk tujuan pribadi.

Banyak Warganya menduga ketua RW yang lama akan melakukan penyalahgunaan kekuasaannya untuk tujuan dan kepentingan pribadi.
Banyak warga khawatir ada kecurangan mulai dari proses pembentukan panitia penyelenggara, pembuatan aturan sampai proses pemilihannya.
Warga mendorong kepada ketua RW 01 yang sekarang untuk non aktif dari jabatannya apabila ingin maju kembali.

Habib Rohman, SM, salah satu anggota panitia pada pemilihan ketua RW 01 tersebut mengungkapkan saat di tanya oleh awak media,, pada intinya terkait dengan proses ini, semua bahkan siapa saja punya hak yang sama untuk mencalonkan maupun di calonkan untuk menjadi ketua RW 01 periode 2024-2029.
Akan tetapi, tentu ada sarat dan prasyarat khusus yg harus di patuhi oleh siapapun yang akan ikut dalam perhelatan pesta demokrasi di wilayah RW 01 ini. Terutama bagi yang mau mencalonkan diri maupun yang dicalonkan oleh RT masing masing.

“Kami berharap kepada semua pihak untuk tetap tenang dan bersabar sambil menunggu team panitia merumuskan dan menyiapkan segala sesuatunya terkait dengan mekanisme pemilihan. Berikan kami waktu agar apa yang kami hasilkan ini, memberikan kebaikan dan keadilan bagi semua, “tegasnya.

Di tempat terpisah, perwakilan warga, pemuda dan tokoh masyarakat mendorong kepada panitia pemilihan ketua RW 01 2024-2029 untuk benar benar bisa bersifat netral dan tidak berpihak kepada salah satu calon.
Apabila tidak bisa bersikap seperti itu,maka pemilihan ini kami anggap cacat secara aturan. Di khawatirkan bisa berpengaruh terhadap kondusivitas kamtibmas serta mengancam kerukunan dan persatuan di wilayah RW 01.
Kami mendorong pihak pihak terkait terutama pemerintah desa untuk benar benar memperhatikan terkait masalah ini.”tegas MUHKLIS, salah satu perwakilan warga, pemuda dan tokoh masyarakat di RW tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *