September 21, 2024

Lomba Penulisan Puisi Dalam Rangka Pemilihan Duta Literasi Siswa SMA N 1 Comal 

0

TNIPOLRINEWS.COM – Pemalang, SMA( Sekolah Menengah Atas) Negeri 1 Comal yang terletak di jalan Raya A. Yani 77 Balutan, Purwoharjo, Kecamatan Comal, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah adakan kegiatan Lomba Penulisan Puisi Dalam Rangka Pemilihan Duta Literasi Siswa SMAN 1 Comal, pada Minggu 4 Februari 2024 .

Lokasi kegiatan diruang Perpus SMAN Comal, diikuti 40 siswa – siswi pilihan, acara dimulai pukul 09.00 Wib sampai 10.30 Wib, dipandegani oleh Kepala Perpus Sutikno, S.Pd dan dibantu oleh Sumarni pengelola Perpus, dengan juri Doktor Tri Mulyono, S.Pd., M.Pd, Dosen UPS Tegal yang sekaligus beliau adalah satu diantara Pembina DKD( Dewan Kesenian Daerah) Kabupaten Pemalang.

Tujuan kegiatan literasi adalah untuk membuka wawasan lebih luas untuk siswa.

” Kalau saya secara umum ini literasi membuka wawasan siswa lebih luas, untuk kegiatan hari ini saya menggaris bawahi puisi berkaitan dengan puisi, yang berpijak pada kalau dikurikulum pembelajaran sasta.

Padahal dimata pelajaran bahasa Indonesia itu pembelajaran sasta ini memang sangat minim, anak merasa bahwa pembelajaran sastra menjadi momok,  dengan adanya kegiatan hari ini, diperdayakan kegiatan literasi yang ada sastranya sangat membantu anak didalam mapel bahasa Indonesia.

Perpustakaan Bina Ilmu SMA Negeri 1 Comal ini, Satu-satunya SMA di Kabupaten Pemalang yang mengagendakan adanya literasi. Dengan adanya literasi ini mungkin akan membawa dampak besar dikalangan siswa SMA Negeri satu Comal karena perpustakaan merupakan jendela pak, ilmu sebagai pembelajaran khususnya kedepan ini akan lebih meningkatkan mutu” Terang  Sutikno Kepala Perpus SMA N 1Comal.

Seanalogi dengan itu Doktor Tri Mulyono yang didaulat sebagai juri penulisan puisi didepan para awak media menuturkan,

” Ini di SMA Negeri satu Comal ada kegiatan literasi, yang melibatkan siswa saya kira ini adalah satu hal yang sangat positip.

Karena yang namanya literasi adalah berkaitan dengan kecakapan hidup para siswa juga nanti ketika sudah lulus dari SMA. Mereka yang cakap dalam hal literasi, literasinya lebih tinggi, saya kira nanti setelah kembali ke masyarakat  lebih banyak suksesnya.

Kecakapan dalam memanfaatkan teks- teks, baik tertulis maupun lisan untuk digunakan memecahkan persoalan hidup.

Seorang pelajar yang dihadapi bagaimana menjawab soal- soal biar berprestasi. Tentunya mereka yang ber literasi tinggi dengan otomatis ia bisa piawai menghadapi, sesuai yang diharapkan” tutur Tri Mulyono.

Adapun hasil dari lomba penulisan puisi dalam rangka Pemilihan Duta Literasi Siswa SMAN1 Comal adalah sebagai berikut:
1. Diva Rahma Shalsabilla peraih juara 1 dengan judul puisinya ” Jingga”
2. Gilang Cahaya Surga dengan judul puisinya ” Tiada Hari ” peraih juara 2.

Mereka yang nantinya akan mewakili sebagai Duta Literasi Siswa SMAN 1 Comal.

Penulis : Suhari Putra Senja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *